Sokongan untuk Gaza dari Penduduk Paris

parisParis – Puluhan ribu pencinta keamanan berbaris melalui bandaraya Paris dan kota-kota Perancis yang lainnya semalam (Sabtu) untuk mengecam serangan Israel di Gaza dan menyampaikan dokongan kepada permasalahan Palestin.

Seperti dilaporkan AFP, ribuan belia dan wanita Perancis keturunan Arab yang membawa bendera Palestin bergabung dengan ribuan orang lagi di tengah teriakan “Allahu Akbar” dan “Israel pembunuh”.

Ketika pelbagai kelompok itu berkumpul, foto almarhum pemimpin Hamas Sheikh Ahmed Yassin dan pemimpin Hizbulah Lubnan Hassan Nasrallah dibawa di belakang tokoh revolusioner Che Guevara dan Presiden Venezuela Hugo Chavez.

Sebuah sepanduk merentang sepanjang sebuah trak yang membawa pembesar suara yang menyatakan: “Sokong Hamas!”.

“Kami semua adalah orang Palestin. Kami semua anak-anak Gaza,” peserta perarakan itu bernyanyi ketika mereka memulai meniti jalan besar bercabang yang memisahkan daedarh-daerah imigran di Paris timur dari Marais, perempatan tertua Yahudi di kota itu.

“Saya tidak memiliki masalah dengan Hamas. Hamas adalah mangsa penindasan dan ketidakadilan,” Mark Cramer, bekas wartawan berusia 62 tahun dari New York dan anggota pendiri kelompok “Orang Amerika Menentang Perang” Paris.

Cramer menyalahkan gagalnya gencatan senjata Timur Tengah pada Israel. “Ada pengepungan terhadap Gaza. Pengepungan besar. Orang-orang kelaparan,” katanya.

Sekitar 3.800 anggota polis dikerahkan, diperlengkapi antara lain dengan perisai anti-kerusuhan, ketika kerumunan massa itu berbaris di bawah lautan bendera Palestin, Aljazair, Turki, Lubnan dan Hizbullah.

Sementara kelompok yang menyelenggarakan demonstrasi itu membentang banting-banting penderitaan warga awam Palestin, banyak sepanduk yang menyatakan “Zionisme Sama Dengan Nazizme”. (ant/fn)

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email

Related Posts